The Age of Adaline (2015)

The Age of Adaline mengisahkan tentang seorang perempuan yang bernama Adaline Bowman (Blake Lively) yang terlahir pada tanggal 1 Januari 1908 pukul 00.01 dini hari. Pada suatu malam di tahun 1935 saat ia mengendarai mobil menuju penginapan pantai milik orang tuanya, ia mengalami kecelakaan tepat pada saat salju turun di wilayah Sonoma, California. Ketakjubannya tersebut membuatnya kehilangan konsentrasi dan mobil yang ia kendarai tergelincir dan jatuh dari ketinggian dan tercebur di dalam sungai. Hal tersebut menyebabkan tubuhnya memasuki keadaan hipoksia yang seketika itu menghentikan napasnya dan memperlambat detak jantungnya. Tiba-tiba sebuah kilat menyambar mobilnya. Kilat tersebut bermuatan 500 juta volt listrik yang dampaknya menjadi tiga kali lipat. Pertama, muatan tersebut menghidupkan kembali jantung Adaline Bowman. Kedua, dia telah keluar dari keadaan hipoksia yang membuatnya bisa bernapas kembali setelah dua menit. Ketiga, berdasarkan prinsip Von Lehman 2035, Adaline Bowman untuk seterusnya akan kebal dari kerusakan akibat perkembangan zaman. Dirinya tidak akan pernah menua.

11007965_1550807381839341_1670310095_n
Adaline dari masa ke masa. | Sumber foto

Dari tahun ke tahun orang-orang di sekitarnya mengalami penuaan dengan ditandai perubahan tekstur kulit, kerutan-kerutan di wajah, namun Adaline sendiri masih tetap terlihat muda, mulus dan segar. Ia mengaitkan penampilannya yang tak pernah berubah ini karena kombinasi dari pola makan sehat, olahraga, keturunan, dan keberuntungan. Suatu hari seorang teman lama menyapanya ketika ia sedang berjalan dengan anaknya yang sudah tumbuh menjadi perempuan dewasa, temannya sangat takjub ketika melihat penampilan Adaline yang awet muda, kemudian ia berbohong dan mengatakan bahwa ia menggunakan krim wajah baru dari Paris.

Hal tersebut membuatnya tersadar bahwa ia harus cepat-cepat mengambil tindakan untuk menghindari kecurigaan orang-orang di sekitar terhadap kondisinya. Kota tujuan pertamanya adalah San Fransisco. Di sana ia bekerja sebagai staff administrasi di suatu sekolah kedokteran. Di berbagai kesempatan yang ia punya, Adaline memanfaatkan waktunya untuk menyelidiki kondisinya. Sayangnya, setelah setahun melakukan penyelidikan intensif, ia terpaksa harus menerima kenyataan bahwa tak ada penjelasan ilmiah tentang kondisinya saat ini.

Setiap sepuluh tahun, ia merubah penampilannya dan pindah tempat tinggal demi menghindari kecurigaan orang-orang di sekitarnya terhadap dirinya dan menceritakan rahasia ini hanya kepada anaknya.

***

Film yang bergenre drama romantis ini menggunakan latar belakang abad ke-20 hingga abad 21. Bayangkan bagaimana Adaline menjalani hidupnya selama 100 tahun tanpa ada perubahan yang signifikan pada dirinya dan tidak bisa menetap di satu tempat untuk periode waktu yang lama. Tidak ada kerutan di wajah mungkin saja bisa menjadi hal yang diinginkan oleh setiap wanita, tetapi tidak bisa menetap pada satu tempat dan harus tetap menyimpan rahasia bahwa dirinya tidak akan pernah bisa menua, siapa yang tahan?

Film ini tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta Adaline Bowman, tapi juga terdapat beberapa scene yang memaparkan tentang ilmu fisika, salah satunya adalah penjelasan mengapa Adaline tidak bisa mengalami perubahan pada dirinya ketika petir menyambar mobilnya pada saat kecelakaan terjadi dan juga munculnya si ganteng Michiel Huisman sebagai pacar dan suami Adeline.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s