Autumn Once More

autumn-once-more
Enter a caption

Autumn Once More merupakan sebuah buku kumpulan cerita pendek Metropop dari total 13 penulis Indonesia. Sampul bukunya cukup menarik, karena ada kata Autumn dan pohon dengan daun berbentuk hati, jadi saya semakin tertarik untuk memiliki buku ini. Ketertarikan saya akan buku ini tidak sebatas sampul semata, melainkan karena dalam buku ini Ika Natassa–penulis favorit saya saat ini ikut menyumbangkan karyanya. Dia selalu punya cara unik untuk membuat para pembacanya setia menunggu hasil karya selanjutnya. Cerpennya di sini adalah awal cerita dari novel yang sedang dalam proses pembuatan. Untuk itu saya mencoba untuk mereview intisari dalam setiap cerpen dan beberap kalimat yan saya suka, semoga tidak mengandung unsur spoiler ya..

  1. Be Careful What You Wish ForBy : Alia Azalea

    “Banyak orang bilang cinta terkadang membuat pikiran kita tidak rasional. Dan biasaya ketidakrasionalan tersebut dimulai dari rasa suka, yang sekilas terdengar lebih jinak daripada cinta, mesik tidak begitu kenyataannya.”

    Seorang perempuan menyukai rekan kerjanya. Ia tersadar bahwa ternyata mereka tinggal di gedung apartemen yang sama. Untuk pertama kalinya, mereka berpapasan di kantin sewaktu membeli sarapan. Saat mencoba untuk senyum, pria itu hanya membalasnya dengan tatapan kening berkerut dan berlalu. Setelah kejadian itu ia terus melatih senyum di depan cermin. Namun, belum sempat ia mempraktikkan senyumnya, pria yang ditaksirnya menghilang. 

  2. Thirty SomethingOleh: Anastasia Aemilia

    Dua orang sahabat telah menjalin persahabatan sejak SMA dan saling memendam rasa. Rachel memberikan Erik gantungan kunci berbentuk kuda dua dimensi sebagai kenang-kenangan agar Erik selalu mengingatnya ketika ia di Jepang. Erik tiba-tiba menciumnya untuk mengungkapkan perasaannya pada Rachel dan mengajak Rachel untuk ikut bersamanya ke Jepang. 

     

    “Being thirty something and single is not that easy in my family, Erik. You know that..”

     

  3. Stuck With YouOleh: Christina Juzwar

    Mempunyai atasan berwajah tampan namun jutek, sok ngatur, super galak, dan suka mencampuri urusan orang lain membuat Lita kesal setengah mati. Tiga kali ia tejebak di lift bersama pria tersebut. Tapi setiap kali mereka terjebak di lift yang sama, selalu saja ada percakapan singkat yang membuat Lita bertanya-tanya, apakah selama ini atasannaya telah menaruh perhatian padanya? 

  4. Jack Daniel’s vs Orange JuiceOleh: Harriska Adiati

    Dennys dan dua orang temannya mempunyai kebiasaan pergi clubbing. Seorang gadis anak dari pak Haji dan bu Hajjah tetangga di tempat tinggal barunya membuatnya meninggalkan kebiasaan lama dan kelakuannya telah berubah 180 derajat. Saat ia melaporkan dirinya di RT sebagai warga baru, Pak RT menasihatinya jika ingin mendekati seorang gadis, maka ia harus merebut hati kedua orangtuanya terlebih dahulu. 

  5. Tak Ada yang Mencintaimu Seperti AkuOleh: Hetih Rusli

    Aku mencintaimu hingga penuh ruah, terutama pada malam hari. Apakah itu tolol, Sayang? Kau selalu bilang aku orang yang terlalu melankolis, terlalu banyak berpikir, tapi aku tak berpikir panjang kali ini. 

  6. Critical ElevenOleh: Ika Natassa

    “Airport is the least aimless place in the world. Everything about the airport is destination.”

    Semua yang pergi ke bandara mempunyai tujuan yang tercantum di kertas boarding pass walaupun tujuannya hanya berupa tiga huruf. Menurut Tanya, ini keren untuk dipamerin di sosial media, tapi miris jika mengingat ia tidak punya tujuan pulang. She don’t have the last call before take off and the first call after she landed. 

  7. Autumn Once MoreOleh: Ilana Tan

    Autumn Once More ini merupakan side story dari Autumn in Paris. Saya belum pernah membaca buku Autumn in Paris, jadi tidak mengerti akan awal ceritanya. Kalau di cerpen ini menceritakan tentang Tatsuya yang menyadari bahwa untuk pertama kalinya jatuh cinta pada Tara Dupont sewaktu mereka berlibur ke Disney Land Paris. 

  8. Her Footprints on His HeartOleh: Lea Agustina Citra

    Kegundahan hati Ariana dimulai ketika Rendy mengajak untuk menemui teman lamanya, Anne, yang merupakan mantan pacar Rendy sewaktu SMA. Ia percaya bahwa Anne ditakdirkan menjadi cinta sejati Rendy dan mengalah untuk melepaskan Rendy. 

    “Mencintai itu artinya membiarkan orang yang kita cintai bahagia, bukan?”

     

  9. Love is a VerbOleh: Meilia Kusumadewi

    Mungkin karena pada dasarnya perempuan selalu ingin diperhatikan dan diperlakukan sebagaimana mereka memperlakukan lelaki yang dicintai. Dan mungkin karena perempuan terlalu menggunakan perasaan/hati dalam melakukan seuatu, jadinya hal-hal sepele pun bisa menjadi permasalahan yang besar. Sementara laki-laki, mereka selalu menggunakan logika/pikiran yang rasional dan tidak suka mengurusi hal-hal yang mereka anggap tidak penting untuk dipermasalahakan.

  10. Perkara Bulu MataOleh: Nina Addison

    Empat sekawan yang telah menjalin persahabatan selama delapan tahun. Jojo, Albert, Lilian dan Vira. Satu lingkaran yang dinamakan persahabatan tidak dapat menjamin ketika suatu saat di antara mereka ada yang memendam rasa suka pada sahabatnya sendiri. 

  11. The Unexpected SurpriseOleh: Nina Andiana

    “Embrace the unexpected surprise that life throws you every now and then.”

    Seorang perempuan bernama Mita bekerja sebagai pempimpin redaksi di salah satu perusahaan media kecil sangat membenci dengan kejutan. Baginya, hidup itu harus direncanakan, sampai ke detail yang paling kecil. Sejak Papanya meninggal, ia sering bertengkar dengan Mamanya.

  12. Senja yang SempurnaOleh: Rosi L. Simamora

    “Coba lihat senja ini, bukankah sempurna, menurutmu? Begitu jelas menggambarkan dari kita–kamu dan aku. Bentangan langit yang kelabu tebal seperti dirimu, muram dan tertutupm begitu tebal dengan tembok-tembok yang kamu biarkan melindungimu dari luka dan kesedihan. Tapi kamu lupa, tembok-tembok itu memang telah melindungimu, tapi mereka juga memisahkanmu dari hidup dan kebahagiaan. Dari cinta, dari Aku..” 

  13. Cinta 2×24 JamOleh: Shandy Tan

    Pertama kali membaca cerita ini, awalnya saya mengira tokoh Aku di sini adalah seorang karyawati yang bekerja di perusahaan pakan ternak. Namun, perkiraanku melesat.

***

Demikian intisari yang bisa saya tuliskan di postingan kali ini. Semua cerita mempunyai gaya penulisan yang berbeda, kita sebagai pembaca tidak bisa begitu saja langsung menjudge apakah cerita ini bagus atau tidak, cocok atau tidak dengan jalan pikiran. Seharusnya bagaimana kita mencoba untuk menghargai nilai dari sebuah karya.  Namun, jika disuruh memilih di antara 13 cerpen di atas, hanya ada tiga cerpen yang saya pilih yaitu: Critical Eleve, Her Footprints on His Heart dan Cinta 2×24 Jam. Ohya, seluruh royalti dari penjualan buku ini akan disumbangkan. Jadi secara tidak langsung kita juga ikut beramal. So, I higly recommended you to buy this book.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s